Sabtu, 28 Maret 2020

Tugas VClass #3 : Pemrograman Jaringan

Soal
1. Apakah pengertian dari DNS dan kegunaan DNS ?
2. Berikan Penjelasan mengenai Struktur dari DNS dari Root awal hingga Akhir Sub domain
3. Apakah yang disebut nslookup dan fungsi dari nslookup
4. Berikan Salah satu sintaks, untuk mencari DNS dari sebuah laman WEB !!!

Jawab
1. Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.


2. Apa saja struktur DNS tersebut. Berikut ini adalah daftar struktur di dalam DNS :
  • Root Level Domain
  • Top Level Domain ( TLD )
  • Second Level Domain
  • Host names
Root Level Domain merupakan sebuah puncak hirarki yang diekspresikan berdasarkan periode, yang mempunyai ciri khas penambahan titik di belakan domain, misalnya www.komputerdia.com (tanda titik (.) di belakang .com merupakan root level domain).

Top Level Domain merupakan suatu kata yang posisinya berada paling kanan dari suatu domain, atau jika dibaca berada paling belakang setelah kata yang dijadikan acuan. Contoh kecilnya id.komputerdia.com, maka top level domainnya adalah “.com”. Top level domain dapat berisi second-level domain dan juga host.

Second Level Domain ini dapat berisikan host dan domain lain, atau sering disebut dengan subdomain. Misalnya saja, pada domain ru.wikipedia.org, maka second level domainnya adalah “komputerdia”.

Host Name merupakan sebuah kata yang terletak di paling depan pada sebuah domain, misal untuk www.komputerdia.com, maka www adalah nama hostnya. Jika sebuah domain menggunakan host name, maka akan tercipta FQDN (Fully Qualified Domain Name) untuk setiap komputer.


3. Nama nslookup berarti name server lookup. Nslookup menggunakan lokal sistem operasi perpustakaan domain name systemresolver untuk melakukan query nya. Oleh karena itu, dikonfigurasi secara otomatis oleh isi dari system operasi file resolf.conf

Fungsi nslookup beroperasi dalam modus interaktif atau non-interaktif. Ketika digunakan secara interaktif, ketika program dipanggil tanpa argumen (pilihan lain ada), isu-isu user konfigurasi parameter atau permintaan saat mempresentasikan ('>') nslookup prompt baris demi baris mode. Dalam parameter mode non-interaktif dan syarat itu ditetapkan sebagai argumen baris perintah dalam pemanggilan program.


4. Sintaks : nslookup [-option] [name | -] [server] nslookup [-option] [nama | -] [server]

Contoh : nslookup facebook.com
Output : 
DNS 7 - Faruque Ahmed





Source :
https://www.komputerdia.com/2016/12/pengertian.dns.sejarah.dns.dan.struktur.dns.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar