Minggu, 13 Oktober 2019

Tugas Softskill : Pengantar Bisnis Informatika #1


MATERI


Definisi Bisnis

Menurut profesor terkenal William Pride, Robert Hughes, dan Jack Kapoor, bisnis adalah 'upaya terorganisir individu untuk memproduksi dan menjual, untuk mendapatkan keuntungan, barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan masyarakat.' Bisnis, maka, adalah organisasi yang berupaya menghasilkan laba melalui individu yang bekerja menuju tujuan bersama. Tujuan bisnis akan bervariasi berdasarkan pada jenis bisnis dan strategi bisnis yang digunakan. Terlepas dari strategi yang disukai, bisnis harus menyediakan layanan, produk, atau barang yang memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beberapa cara.[1]

Ada tiga jenis bisnis utama:

1. Bisnis Layanan
Jenis bisnis jasa menyediakan produk tidak berwujud (produk tanpa bentuk fisik). Perusahaan tipe layanan menawarkan keterampilan profesional, keahlian, saran, dan produk serupa lainnya.
Contoh bisnis jasa adalah: salon, bengkel, sekolah, bank, kantor akuntan, dan firma hukum.

2. Bisnis Merchandising
Jenis bisnis ini membeli produk dengan harga grosir dan menjual yang sama dengan harga eceran. Mereka dikenal sebagai bisnis "jual beli". Mereka mendapat untung dengan menjual produk dengan harga lebih tinggi dari biaya pembelian mereka. Bisnis merchandising menjual produk tanpa mengubah bentuknya. Contohnya adalah: toko kelontong, toko serba ada, distributor, dan pengecer lainnya.

3. Bisnis Manufaktur
Tidak seperti bisnis merchandising, bisnis manufaktur membeli produk dengan tujuan menggunakannya sebagai bahan dalam membuat produk baru. Dengan demikian, ada transformasi dari produk yang dibeli.[2]

Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis adalah untuk menawarkan nilai (melalui produk dan / atau layanan) kepada pelanggan, yang membayar nilai dengan uang tunai atau setara. Minimal, uang yang diterima harus mendanai biaya operasi bisnis serta memenuhi kebutuhan hidup pemilik.
Setiap uang yang melebihi kebutuhan pendanaan dan gaji ini - "margin" atau "laba" - dapat digunakan untuk berinvestasi kembali dalam bisnis; diinvestasikan untuk kebutuhan dan keamanan masa depan; dan / atau digunakan untuk filantropi dan lingkungan.
Ada tindakan langsung yang diperlukan dalam proses ini: akuisisi, pengabadian, dan perluasan bisnis pelanggan. Tindakan-tindakan ini juga dapat mencakup R&D (menciptakan nilai baru); pemasaran (menciptakan kebutuhan); dan keuangan (mengejar piutang untuk menciptakan arus kas yang lebih baik).[3]


Manfaat Bisnis

Ada banyak manfaat untuk memulai bisnis Anda sendiri, termasuk:

Reward/Hadiah. Tidak semua orang mendefinisikan hadiah dengan cara yang sama. Bagi sebagian orang mungkin melihat usaha baru tumbuh dan berhasil. Bagi yang lain mungkin menaklukkan yang tidak dikenal dan menyerang sendiri. Bagaimanapun Anda mendefinisikan hadiah, memulai perusahaan baru mungkin memegang janji itu untuk Anda.

Menjadi bos Anda sendiri. Ketika Anda memulai bisnis dan wiraswasta, Anda adalah bos Anda sendiri dan pada akhirnya mengendalikan nasib Anda sendiri.

Pendapatan. Apakah Anda memandang memulai bisnis sebagai kebutuhan ekonomi atau cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda mungkin menemukan itu menghasilkan sumber pendapatan baru.

Jam fleksibel. Memiliki bisnis Anda sendiri adalah kerja keras dan seringkali membutuhkan waktu yang lama dan aneh. Dalam beberapa kasus, memiliki bisnis sendiri memungkinkan Anda memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Banyak orangtua yang tinggal di rumah, misalnya, memilih untuk menjadi wirausaha.

Membeli bisnis yang sudah ada. Walaupun mungkin tidak dipandang sebagai "memulai" bisnis, membeli bisnis yang sudah ada terbukti bermanfaat bagi banyak pemilik bisnis — tetapi tidak diragukan lagi membutuhkan investasi finansial dan waktu. Untuk bisnis yang sudah menguntungkan, pemilik bisnis baru ini melewati fase startup yang sebenarnya untuk menjalankan bisnis yang matang.[4]



Definisi TIK

Singkatan dari "Teknologi Informasi dan Komunikasi." TIK mengacu pada teknologi yang menyediakan akses ke informasi melalui telekomunikasi. Ini mirip dengan Teknologi Informasi (TI), tetapi berfokus terutama pada teknologi komunikasi. Ini termasuk Internet, jaringan nirkabel, ponsel, dan media komunikasi lainnya.
Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi informasi dan komunikasi telah memberi masyarakat beragam kemampuan komunikasi baru. Misalnya, orang dapat berkomunikasi secara waktu nyata dengan orang lain di berbagai negara menggunakan teknologi seperti pengiriman pesan instan, voice over IP (VoIP), dan konferensi video. Situs web jejaring sosial seperti Facebook memungkinkan pengguna dari seluruh dunia untuk tetap berhubungan dan berkomunikasi secara teratur.
Teknologi informasi dan komunikasi modern telah menciptakan "desa global," di mana orang dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia seolah-olah mereka tinggal di sebelah. Untuk alasan ini, TIK sering dipelajari dalam konteks bagaimana teknologi komunikasi modern mempengaruhi masyarakat.[5]

Keuntungan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis

1. TI Meningkatkan Komunikasi
Email mengubah cara karyawan berinteraksi satu sama lain selama tahun 90-an. Banyak yang berbondong-bondong ke America Online untuk menyampaikan pesan dan menemukan bahwa tanggapan terhadap komunikasi digital jauh lebih cepat daripada mengirim surat kepada seseorang. Satu-satunya hal yang melampaui masa lalu komunikasi email adalah panggilan telepon.
Sekarang, berkat smartphone dan media sosial, seorang karyawan dapat memperoleh respons dari rekan kerja dalam hitungan detik jika mereka menggunakan cara yang benar. Teknologi informasi juga telah melahirkan komputasi awan, yang memungkinkan karyawan mengakses informasi penting ketika mereka tidak berada di kantor. Tidak perlu terhubung ke hard drive saat Anda menggunakan penyimpanan cloud. Dunia IT, kemudian, memotong langkah-langkah ekstra untuk membuat komunikasi lebih cepat.

2. Biaya Pemotongan IT
Tentu saja, ketika Anda berbicara tentang menghilangkan langkah-langkah dalam bisnis, ada kemungkinan menghemat uang. Salah satu dari 5 keunggulan utama teknologi informasi adalah kemampuannya menyimpan uang di rekening bank perusahaan Anda. Beberapa orang takut dengan gagasan TI karena biaya di muka yang kadang-kadang terasa luar biasa. Namun, kebenarannya adalah bahwa sistem yang diperbarui membayar untuk dirinya sendiri dalam hitungan minggu. Peningkatan komunikasi saja mengarah pada lebih banyak produktivitas dan, dengan demikian, peningkatan pendapatan. Teknologi informasi adalah investasi yang harus dikejar semua pemilik bisnis.

3. TI Mendorong Pemikiran Strategis
Komunikasi yang lebih baik mengarah pada pemikiran yang lebih kritis. Karyawan kurang peduli dengan cara berhubungan dengan rekan kerja ketika mereka tahu bahwa mereka dapat menyampaikan informasi melalui cloud. Dengan demikian, dengan tekanan mencari tahu bagaimana berkomunikasi diangkat, pekerja dapat mengambil informasi yang dibagikan dan menciptakan strategi yang lebih baik untuk perbaikan. Salah satu kelebihan komunikasi data adalah, oleh karena itu, lebih banyak waktu, yang mengarah pada perencanaan yang lebih efektif.

4. TI Melindungi Informasi
Akan selalu ada tempat untuk file tradisional di sektor korporasi. Namun, meninggalkan jejak kertas mungkin bukan ide terbaik ketika menyangkut informasi sensitif. Pencuri identitas memiliki cara untuk mengambil informasi yang paling sederhana, seperti nama atau tanggal lahir dan mengubahnya menjadi senjata yang mengorbankan individu yang tidak menaruh curiga. Yang terbaik, kemudian berinvestasi dalam teknologi informasi dengan enkripsi dan langkah-langkah keamanan lainnya yang menjaga mata yang tidak sah dari melihat informasi rahasia.
Dalam melindungi informasi rahasia, teknologi informasi berfungsi untuk menangkal tuntutan hukum. Korban pencurian identitas sering melacak sumber di mana pencuri dapat mencuri informasi. Tidak jarang orang seperti itu menuntut perusahaan yang bertanggung jawab atas kerusakan yang terkait dengan kejahatan tersebut. Keputusan Anda untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi terbaru pada dasarnya dapat menjaga biaya hukum atas kelalaian.

5. TI Memotong Hambatan Budaya
Keragaman adalah sesuatu yang terus diperjuangkan perusahaan meskipun ada undang-undang di Amerika Serikat yang melarang diskriminasi berdasarkan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, usia, dan faktor lain yang membuat seseorang berbeda secara unik. Hal yang baik tentang dunia TI adalah kecerdasan buatan, yang tidak secara otomatis datang dengan filter yang sama yang biasa digunakan manusia. 
Komputer tidak peduli apakah seseorang adalah pria atau wanita jika calon kandidat melanjutkan memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan untuk pekerjaan itu. Teknologi informasi, oleh karena itu, dapat berkontribusi pada keanekaragaman dengan merancang sistem operasi.
Teknologi informasi terus berkembang dan menantang tradisi. Sementara mengubah untuk memenuhi kebutuhan budaya saat ini, pemilik usaha kecil dan perusahaan besar harus mempertimbangkan untuk menggali dan menggunakan IT sepenuhnya.[6]



Perkembangan bisnis informatika

Perkembangan bisnis informatika berfokus pada pengembangan perangkat lunak dan sistem perangkat keras yang memungkinkan bisnis berfungsi lebih efektif dari sudut pandang TI, yang pada akhirnya memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi berdasarkan aplikasi teknologi informasi yang unggul.[7]






PROFIL


Ubisoft 2017.svg
Gambar 1 Logo Ubisoft

Ubisoft Entertainment adalah perusahaan video game Perancis yang berkantor pusat di Montreuil, Perancis dengan beberapa studio pengembangan di seluruh dunia. Ini menerbitkan game untuk beberapa waralaba video game, termasuk Assassin's Creed, Far Cry, Just Dance, Prince of Persia, Rayman, Raving Rabbids, dan Tom Clancy's. Pada Maret 2018, Ubisoft adalah perusahaan game publik terbesar keempat di Amerika dan Eropa dalam hal pendapatan dan kapitalisasi pasar, setelah Activision Blizzard, Electronic Arts, dan Take-Two Interactive.

Ubisoft diciptakan oleh lima bersaudara Guillemot pada tahun 1986. Tak lama kemudian perusahaan memperoleh penawaran penerbitan dengan perusahaan-perusahaan seperti Electronic Arts, Sierra On-Line dan LucasArts, dan hak eksklusif untuk mendistribusikan game mereka di Prancis. Game yang dikembangkan secara internal pertama mereka, Zombi, dirilis pada tahun 1989, dan selama beberapa tahun berikutnya Ubisoft memperluas distribusi mereka ke Amerika Serikat, Jerman dan Inggris serta membentuk studio pengembangan di Paris (Prancis), Montpellier (Prancis) dan Bukares (Rumania). Pada tahun 1995 perusahaan mengembangkan dan menerbitkan Rayman untuk Atari Jaguar, Sega Saturn dan Sony Playstation. Permainan menjadi judul Playstation terlaris sepanjang masa di Inggris.

Ubisoft telah berkembang pesat selama bertahun-tahun. Antara tahun 1996 dan 2000 perusahaan mendirikan studio pengembangan di Shanghai (Cina), Annecy (Prancis), Montreal (Kanada), Casablanca (Maroko), Barcelona (Spanyol) dan Milan (Italia), dan kantor distribusi di Spanyol, Italia, Australia, Belgia, Cina, dan Denmark. Ubisoft juga mengakuisisi Red Storm Entertainment (franchise Tom Clancy), Blue Byte Software (The Settlers) dan divisi game The Learning Company (Prince of Persia, Myst).

Pada tahun 2002, Ubisoft menempati peringkat 10 besar penerbit independen di dunia untuk pertama kalinya. Antara 2002 dan 2005 Ubisoft meluncurkan portal game online mereka ubi.com, membuka kantor distribusi baru di Korea Selatan dan Austria, sebuah studio baru di Kota Quebec (Kanada) dan pada tahun 2003 memperkenalkan logo baru mereka. MC2-Microïds diakuisisi dan diintegrasikan ke dalam Ubisoft Montreal setahun kemudian.

Pada tahun 2006 Ubisoft Paris mengembangkan Ghost Recon dari Tom Clancy: Advanced Warfighter memenangkan penghargaan BAFTA untuk Game Terbaik Tahun Ini. Antara 2006 dan 2010 Ubisoft membuka kantor distribusi di Meksiko dan Polandia dan mendirikan studio di Sofia (Bulgaria), Kiev (Ukraina), Chengdu (Cina), Pune (India), Toronto (Kanada), dan Singapura. Mereka memperoleh Reflections Interactive (Driver), Digital Kids, Massive Entertainment (Ground Control, World in Conflict), Nadeo (TrackMania) dan studio efek visual Hybride Technologies (300, Sin City). Periode ini juga menyaksikan peluncuran franchise Assassin's Creed 2007, seri Ubisoft yang paling sukses hingga saat ini, dan Uplay, layanan penghargaan online Ubisoft, pada 2009.

Pada tahun 2011 Ubisoft menciptakan Ubisoft Motion Pictures, divisi film mereka sendiri, dengan tujuan untuk membuat film dan acara televisi berdasarkan pada sifat permainan mereka. Hingga saat ini, Ubisoft Motion Pictures belum benar-benar menghasilkan konten apa pun.[9]

Cakupan Jenis Jasa / Barang yang ditawarkan = Game

List Barang yang Dijual = https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Ubisoft_games

Game Diterbitkan = 907

Game Dikembangkan = 85

Lingkup Perusahaan = Diseluruh dunia

Total Aset Perusahaan (2018) = € 2,805.122 million

Jumlah Pegawai = 15,985

Website = ubisoft.com

Studio Produksi
Ubisoft saat ini terdiri dari 26 studio yang tersebar di 18 negara, menjadikannya salah satu penerbit video game terbesar di dunia :

Ubisoft Paris
Ubisoft Montpellier
Ubisoft Bucharest
Ubisoft Shanghai
Ubisoft Annecy
Ubisoft Montreal
Ubisoft Casablanca
Ubisoft Barcelona
Ubisoft Milan
Ubisoft Quebec City
Ubisoft Sofia
Ubisoft Kiev
Ubisoft Chengdu
Ubisoft Pune
Ubisoft Craiova
Ubisoft Toronto
Ubisoft Singapore
Ubisoft Osaka
Ubisoft Abu Dhabi
Ubisoft Zurich
Ubisoft Halifax
Ubisoft Leamington
Reflections (Newcastle, UK)
Massive (Malmo, Sweden)
Nadeo (Paris, France)
Red Storm (Cary, USA)
Blue Byte (Dusseldorf, Germany)
RedLynx (Helsinki, Finland)
Owlient (Paris, France)
Future Games of London






Sumber Referensi
[3] https://alanweiss.com/the-purpose-of-a-business/ [diakses pada 13 Oktober 2019]
[5] https://techterms.com/definition/ict [diakses pada 10 Oktober 2019]
[8] https://www.giantbomb.com/ubisoft-entertainment/3010-82/ [diakses pada 13 Oktober 2019]
[9] https://www.ubisoft.com/en-US/company/overview.aspx [diakses pada 13 Oktober 2019]

Referensi Gambar








Tidak ada komentar:

Posting Komentar